google custom search

Minggu, 28 November 2010

EFI (Electronic Fuel Injection) Pada Motor

Sistem injeksi bahan bakar elektronik (karburasi digital) sudah mulai diterapkan pada mesin sepedamotor, perlahan tapi pasti akan menggantikan sistem yang sudah lama bertahan yaitu karburator (karburasi manual).Karena mesin sepedamotor merupakan kombinasi reaksi kimia dan fisika untuk menghasilkan tenaga, maka kita kembali ke teori dasar kimia bahwa reaksi pembakaran BBM dengan O2 yang sempurna adalah:

14,7:1 = 14,7 bagian O2 (oksigen) berbanding 1 bagian BBM


Teori perbandingan berdasarkan berat jenis unsur, pada prakteknya perbandingan diatas (AFR – Air Fuel Ratio) diubah untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar atau konsumsi BBM yang ekonomis. Karburator juga mempunyai tujuan yang sama yaitu mencapai kondisi perbandingan sesuai teori kimia diatas namun dilakukan secara manual. Karburator cenderung diatur untuk kondisi rata-rata dimana sepedamotor digunakan sehingga hasilnya cenderung kearah campuran BBM yang lebih banyak dari kebutuhan mesin sesungguhnya. Untuk EFI karena diatur secara digital maka setiap ada perubahan kondisi penggunaan sepedamotor ECU akan mengatur supaya kondisi AFR ideal tetap dapat dicapai.
Contohnya: Pada sistem Karburator ada perbedaan tenaga jika sepedamotor digunakan siang hari dibandingkan malam hari, hal ini karena kepadatan oksigen pada volume yang sama berbeda, singkatnya jumlah O2 berubah pasokkan BBM tetap (ukuran jet tidak berubah).
Hal ini tidak terjadi pada sistem EFI karena adanya sensor suhu udara (Inlet Air Temperature) maka saat kondisi kepadatan O2 berubah, pasokkan BBM pun disesuaikan (waktu buka injector ditambah atau dikurangi). Jadi sepedamotor yang menggunakan EFI digunakan siang atau malam tetap optimum alias tenaga tetap sama. Perbedaan utama Karburator dibandingkan EFI adalah:

>>Karburator EFI
BBM dihisap oleh mesin BBM diinjeksikan/disemprotkan ke dalam mesin
Pengapian Terpisah Sistem Pengapian menyatu

>>Komponen-komponen dasar EFI
Setiap jenis atau model sepedamotor mempunyai desain masing-masing namun secara garis besar terdapat komponen-komponen berikut.

1.ECU – Electrical Control Unit
Pusat pengolah data kondisi penggunaan mesin, mendapat masukkan/input dari sensor-sensor mengolahnya kemudian memberi keluaran/output untuk saat dan jumlah injeksi, saat pengapian.

2.Fuel Pump
Menghasilkan tekanan BBM yang siap diinjeksikan.

3.Pressure Regulator
Mengatur kondisi tekanan BBM selalu tetap (55~60psi).

4.Temperature Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi suhu mesin, kondisi mesin dingin membutuhkan BBM lebih banyak.

5.Inlet Air Temperature Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi suhu udara yang akan masuk ke mesin, udara dingin O2 lebih padat, membutuhkan BBM lebih banyak.

6.Inlet Air Pressure Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi tekanan udara yang akan masuk ke mesin, udara bertekanan (pada tipe sepedamotor ini hulu saluran masuk ada diantara dua lampu depan) O2 lebih padat, membutuhkan BBM lebih banyak.
Atmospheric Pressure Sensor memberi masukan ke ECU kondisi tekanan udara lingkungan sekitar sepedamotor, pada dataran rendah (pantai) O2 lebih padat, membutuhkan BBM lebih banyak.

7.Crankshaft Sensor
Memberi masukan ke ECU posisi dan kecepatan putaran mesin, putaran tinggi membutuhkan buka INJECTOR yang lebih cepat.

8.Camshaft Sensor
Memberi masukan ke ECU posisi langkah mesin, hanya langkah hisap yang membutuhkan buka INJECTOR.

9.Throttle Sensor
Memberi masukan ke ECU posisi dan besarnya bukaan aliran udara, bukaan besar membutuhkan buka INJECTOR yang lebih lama.

10.Fuel Injector / Injector
Gerbang akhir dari BBM yang bertekanan, fungsi utama menyemprotkan BBM ke dalam mesin, membuka dan menutup berdasarkan perintah dari ECU.

11.Speed Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi kecepatan sepedamotor, memainkan gas di lampu merah dibanding kecepatan 90km/jam, buka INJECTOR berbeda.

12.Vehicle-down Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi sepedamotor, jika motor terjatuh dengan kondisi mesin hidup maka ECU akan menghentikan kerja FUEL PUMP, IGNITION, INJECTOR, untuk keamanan dan keselamatan.

Electronic Fuel Injection memang lebih unggul dibanding karburator, karena dapat menyesuaikan takaran BBM sesuai kebutuhan mesin standar.

ECU diprogram untuk kondisi mesin standar sesuai model sepedamotor, di dalam ECU terdapat tabel BBM yang akan dikirim melalui Injector sesuai kondisi mesin standar.

Jika ada perubahan dari kondisi standar misalnya filter udara diganti atau dilepas, walaupun ada pengukur tekanan udara (inlet air pressure sensor) pasokkan BBM hanya berubah sedikit, akhirnya sepedamotor akan berjalan tidak normal karena O2 terlalu banyak (lean mixture).

Tabel ECU standar biasanya tidak dapat dirubah, karena tujuan utama EFI adalah pengurangan kadar emisi gas buang beracun.

Untuk mesin modifikasi memerlukan modifikasi tabel dalam ECU, hal ini dapat dilakukan dengan:

1. Software yang dapat masuk ke dalam memory ECU – hanya dimiliki oleh ATPM atau dealer.
2. Piggyback alat tambahan diluar ECU - bekerja dengan cara memanipulasi sinyal yang dikirim ke Injector untuk membuka lebih lama.
3. Tukar ECU aftermarket yang dapat diprogram tabel memory-nya, sesuai modifikasi, sesuai kondisi sirkuit.

CARA KERJA KOPLING

CARA KERJA KOPLING
Sistem kopling yang akan kita bicarakan disini adalah sistem kopling manual yang selanjutnya kita sebut dengan kopling saja.

Berikut ini komponen penting pendukung kopling, secara urut : Fly wheel atau roda gila, Clutch disc atau plat kopling, Clutch cover atau dekrup dan Clutch release bearing atau Drek lahar.
Cara Kerja :


Fly wheel atau roda gila meneruskan sekaligus menyimpan energi dari Crank Saft (kruk as) mesin saat mesin hidup (berputar), Plat kopling menjadi satu-satunya perantara tenaga mesin dengan Porseneling kita yang akhirnya tenaga ini akan diteruskan ke Roda. Sedangkan Dekrup bekerja sebagai pengatur kapan tenaga mesin di teruskan dan kapan tenaga mesin tidak diteruskan, hal ini dilakukan oleh kaki kita saat menginjak atau melepas pedal kopling melalui perantara Drek lahar.

Catatan : Dekrup di ikat dengan 6(biasanya) baut terhadap fly wheel. plat kopling menjadi pengisi bagian tengah antara fly wheel dengan dekrup. Pada bagian tengah plat kopling terdapat lubang bergigi yang akan masuk kedalam As blender sebagai penerus tenaga dari plat kopling ke Gearbox porseneleng.



Ketika kaki tidak menginjak pedal kopling

Ketika kaki kita tidak menginjak pedal kopling , dengan melihat susunan diatas maka bantalan dekrup akan menekan plat kopling terhadap fly wheel sehingga seolah olah Fly wheel, plat kopling dan dekrup menjadi satu kesatuan sebagai benda rigid. sehingga apabila fly wheel berputar 10rpm maka demikian pula dengan plat koplingnya. Dengan cara inilah tenaga dari mesin dapat di transfer ke dalam Gearbox porseneleng (melalui as blender) yang pada akhirnya diteruskan ke roda.


Ketika kaki menginjak pedal kopling :

Ketika kaki kita menginjak pedal kopling, maka dreklahar mendorong kuku/ tuas dari dekrup sehingga bantalan dekrup yang menekan plat kopling dan roda gila terangkat. ketika terangkat inilah posisi dikatakan Free / perei. Dimana perputaran dari roda gila tidak di ikuti oleh perputaran dari plat kopling. sehingga tenaga dari mesin tidak sampai pada gearbox perseneleng. Pada saat ini lah perpindahan gigi dari porseneleng dapat dilakukan.Didalam gearbox porseneleng inilah tenaga dari mesin di atur sedemikian hingga sesuai dengan kebutuhan pengemudi melalui rasio gigi.



Masalah Kopling

Susah masuk gigi : hal ini mungkin dapat disebabkan oleh beberapa hal, sebelum dapat mengetahui sumber kerusakan kita harus dapat mengetahui ciri2 atau gejala2 yang terjadi. Gejala2 yang mungkin terjadi antara lain adalah :

* Susah masuk gigi Vosneling baik saat mesin dimatikan maupun di hidupkan : hal ini berarti terdapat kesalahan pada sistem mekanik pengoper gigi hal ini dapat berupa tongkat yang sudah oblak, sift cable atau kabel gigi yang sudah rusak atau putus atau mekanisme pengoper gigi didalam gearbox.

* Kopling susah masuk gigi hanya pada saat mesin di hidupkan atau dinyalakan, namun mudah jika mesin dimatikan : dalam hal ini ada 2 kemungkinan kerusakan yang pertama adalah Kerusakan terjadi pada mekanisme pendorong clutch release bearing yaitu : master kopling atas bawah, atau kabel kopling yang masih menggunakan kabel, Fork/garpu kopling retak, bushing fork dan atau clutch release bearing atau drek lahar itu sendiri. Kemungkinan yang kedua adalah kerusakan terjadi pada Clutch cover atau dekrup, biasanya ada ciri2 tambahan jika kerusakan terjadi pada dekrup anda yaitu biasanya akan lebih susah masuk gigi lagi setelah melakukan perjalanan yang cukup jauh atau kondisi dekrup sudah panas, gigi akan semakin susah di pindahkan.

* Kopling bergetar saat pertama mau jalan : 90% hal ini terjadi karena penggunaan Clutch disc atau plat kopling yang kurang bagus (pantekan atau imitasi murahan), 10% fly wheel bergelombang.

* Suara mesin besar (rpm tinggi) tapi mobil ga mau lari (acceleration kurang) : 80% hal ini terjadi karena platkopling anda sudah tipis, dan lebih parah lagi akan timbul bau "sangit" ketika kita memaksa untuk accelerasi. 20% Fly wheel aus atau "legok" hal ini biasanya terjadi karena penggunaan plat kopling yang kurang bagus bahanya (imitasi).

* Terdengar suara2 dari transmisi : ada beberapa jenis suara yang mungkin timbul dalam transmisi antaralain
1. Bunyi Clutch release Bearing = bunyi dari drek lahar ini akan terdengar ketika kita menginjak kopling saat mesin hidup, dan akan hilang suaranya ketika kita melepas kopling.
2. Bunyi Pilot bearing = Akan terdengar saat mesin dihidupkan meskipun kita menginjak kopling atau tidak.
3. Bunyi pada saat jalan = jika kedua bunyi diatas dapat didengar tanpa pergerakan kendaraan, jenis bunyi yang ketiga ini hanya dapat didengar pada saat kendaraan melakukan pergerakan. Bunyi ini berasal dari bearing didalam gearbox anda.
4. Bunyi mendesing pada gigi tertentu = hal ini terjadi karena terdapat kerusakan pada pasangan gigi yang bunyi tersebut kemungkinan gigi sudah aus atau rompal sehingga memberikan rongga udara yang dapat menimbulkan bunyi mendesing.

Cara kerja Motor 2-Tak


Motor 2-Tak

Komponen Motor Bakar 2- tak.

Bentuk Dasar motor 2 Tak.

Langkah Kerja Motor Bensin 2 tak .

Dalam motor bensin 2 tak, piston melakukan 2 kali langkah kerja dalam 1 kali langkah usaha antara lain :

1. Langkah kompresi dan langkah hisap.

pada langkah ini dalam motor 2 tak terjadi 2 aksi berbeda yang terjadi secara bersamaan yaitu aksi kompresi yang terjadi pada ruang silinder atau pada bagian atas dari piston dan aksi hisap yang terjadi pada ruang engkol atau pada bagian bawah piston.

Sedangkan yang terjadi dalam langkah ini adalah :
#
Torak bergerak dari TMB (titik mati bawah) ke TMA (titik mati atas).
#
Pada saat saluran pembiasan tertutup mulai dilakukan langkah kompresi pada ruang silinder.
#
Pada saat saluran hisap membuka maka campuran udara dan bensin akan masuk ke dalam ruang engkol.

2. Langkah usaha dan buang.

Dan pada langkah ini terjadi langkah usaha dan buang yang terjadi pada saat yang tidak bersamaan, jadi langkah usaha dahulu barulah setelah saluran pembiasan dan saluran buang terbuka terjadi langkah buang.



Yang terjadi dalam langkah ini adalah :
Sebelum piston mencapai TMA (titik mati atas), busi akan memercikan bunga api listrik sehingga campuran udara dan bahan bakar akar terbakar dan menyebabkan timbulnya daya

dorong terhadap piston, sehingga piston akan bergerak dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah).
sesaat setelah saluran hisap tertutup dan saluran bias serta saluram buang membuka maka campuran udara dan bahan bakar yamg berada diruang engkol akan mendorong gas sisa hasil pembakaran melalui saluran bias ke saluran.

Proses pembuangan sisa-sisa gas bahan bakar











http://aria-info.blogspot.com/2009/11/cara-kerja-motor-4-takl.html

Tips Merawat Sepeda Motor


Tips Merawat Sepeda Motor

Memiliki sepeda motor yang gesit jalannya memang mengasyikkan. Namun menjadi menyebalkan ketika motor mulai terasa berat dan tidak bertenaga di jalan. Berikut ini adalah tips standar dari situs web organisasi.org bagi pengendara sepeda motor pemula agar sepeda motornya bisa melaju dengan kecepatan yang wajar.

1. Motor Kotor Butuh Cuci Motor

Kotoran yang menempel pada motor kita serta kotoran yang menyumbat bagian-bagian yang bergesekan dapat membuat jalan motor kita jadi agak seret dan berat. Secara rutin cucilah motor kita di tempat cuci steam yang mencuci sampai ke detail tiap bagian.


2. Ban Kempes Butuh Diisi Angin

Ban yang kempes atau agak kempes bisa menghambat laju motor kita. Konsumsi bensin pun jadi boros dan resiko pecah ban motor di jalan jadi lebih besar. Untuk itu periksalah kondisi ban sepeda motor kita sebelum memulai perjalanan agar kecepatan motor kita bisa dimaksimalkan.

3. Banyak Barang Bawaan Berat Perlu Di Singkirkan

Periksa kembali barang apa saja yang anda bawa baik di bagasi maupun di box di belakang motor (bila ada). Membawa barang yang berat akan mempengaruhi laju motor. Singkirkan barang yang berat dan tidak anda perlukan agar kecepatan bisa kembali normal seperti sedia kala.

4. Saringan Udara Kotor Perlu Dibersihkan

Biasanya setiap service rutin, mesin speda motor kita akan dibongkar untuk dibersihkan agar udara yang masuk ke mesin bisa cukup serta berkualitas baik agar pembakaran dalam mesin bisa berjalan maksimal.

5. Oli Jelek Perlu Ganti Oli

Terkadang beratnya laju motor disebabkan oleh oli yang sudah buluk sehingga perlu diganti dengan oli baru yang lebih fresh, sehingga mesin motor dapat beroperasi dengan baik. Biasanya setiap satu sampai dua bulan sekali perlu penggantian oli tergantung intensitas pemakaian kita.

Bengkel Otomotif

Disini kita akan berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar otomotif

Sabtu, 06 Maret 2010

Meningkatkan Kecepatan Sepeda Motor


Banyak cara yang dapat dilakukan para biker untuk meningkatkan kecepatan sepeda motor mereka. Salah satunya yang akan saya tuliskan disini dengan cara yang sangat cukup sederhana yaitu dengan pergantian pilot jet dan main jet juga pergantian gir belakang sepeda motor anda.



Dengan cara tersebut kita dapat meningkatkan 10% tenaga sepeda motor kita, Hal yang perlu diperhatikan saat pergantian komponen tersebut ialah saat kita mengganti main jet atau pilot jet jangan terlalu besar melebihi dari ukuran setandarnya. Kenaikan biasanya tidak lebih 2 tingkat dari ukuran normalnya, Sedangkan untuk gir biasanya para mekanik hanya menurunkan 1-2 mata dari ukuran setandarnya.

Cara diatas yang cukup mudah dan aman bila diterapkan untuk sepeda motor yang ingin meningkatkan kecepatan sepeda motor tidak terlalu extrim.
http://aria-info.blogspot.com/2009/11/cara-kerja-motor-4-takl.html

Kamis, 25 November 2010

dengarlah nasihat orangtuamu agar kelak kamu bisa menjadi orang yang sukses dan di hormati

PERAWATAN TUBUH AGAR TETAP BUGAR

Incoming search terms for the article: menjaga daya tahan tubuh, cara menjaga daya tahan tubuh, daya tahan tubuh, PERAWATAN TUBUH AGAR TETAP BUGAR, vitamin daya tahan tubuh, tips menjaga daya tahan tubuh, bugar prima, tips menjaga kehamilan, kesehatan tubuh wanita, anak indonesia sehat dan bugar, menjaga stamina tubuh, tip selau sehat dan bugar, menjaga kehamilan muda, perawatan tubuh agar tetap sehat dan bugar, tips badan bugar, upaya agar tubuh tetap sehat, upaya agar tubuh kita tetap sehat, agar tubuh tetap bugar, cara menjaga badan, cara menjaga kesehatan tubuh wanita, cara menjaga stamina tubuh, tips menjaga kesehatan tubuh, tips menjaga kehamilan muda, cara membuat tubuh bugar, menjaga stamina badan, tips daya tahan tubuh, vitamin menjaga kesehatan, tips selalu sehat, vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, bagaimana cara memelihara badan kita yang sehat Tags: agar badan selalu vit, agar badan slalu bugar, agar badan tetap vit, agar badan vit, agar daya tahan tubuh baik, agar terhindar dari penyakit, agar tubuh selalu sehat dan bugar, agar tubuh tetap bugar, agar tubuh tetap sehat, anak indonesia sehat dan bugar, apa saja vitamin untuk tubuh agar sehat, apa yang harus dilakukan untuk memelihara tubuh, artikel agar badan tetap sehat, artikel anak menjaga kesehatan tubuh, artikel cara menjaga tubuh, artikel perawatan diri laki-laki, artikel perawatan tubuh agar tetap sehat, artikel tentang daya tahan tubuh, artikel tentang merawat tubuh sehat, artikel tentang tips-tips merwat tubuh, artikel tips kesehatan, badan selalu sehat, badan selalu tidak vit, bagaimana cara agar tubuh selalu vit, bagaimana cara memelihara badan kita yang sehat, bagaimana caranya agar tetap sehat, bagaimana caranya supaya selalu sehat, bagaimana tetap prima, buah yang baik untuk daya tahan tubuh, buah yang menjaga daya tahan tubuh, bugar prima, caa merawat fisik, cara agar badan selalu bugar, cara agar menjaga badan tetap sehat, cara badan bugar, cara badan tetep sehat, cara membuat badan vit, cara membuat stamina prima, cara membuat tubuh bugar, cara membuat tubuh selalu sehat, cara menjaga agar badan tetap sehat, cara menjaga agar fisik tetap prima, cara menjaga agar ginjal sehat, cara menjaga agar tubuh tetap sehat, cara menjaga badan, cara menjaga daya tahan tubuh, cara menjaga daya tahan tubuh anak, cara menjaga daya tahan tubuh dengan baik, cara menjaga daya tahan tubuh tetap sehat, cara menjaga fisik, cara menjaga kehamilan muda, cara menjaga kesehatan, cara menjaga kesehatan agar selalu sehat, cara menjaga kesehatan badan anak, cara menjaga kesehatan ibu hamil muda, cara menjaga kesehatan sehari-hari, cara menjaga kesehatan stamina, cara menjaga kesehatan tubuh, cara menjaga kesehatan tubuh bagi ibu hamil, cara menjaga kesehatan tubuh wanita, cara menjaga kesehatan yang baik, cara menjaga orang hamil, cara menjaga pisik stamina, cara menjaga stamina, cara menjaga stamina badan, cara menjaga stamina saat hamil, cara menjaga stamina tubuh, cara menjaga stamina yang baik, cara menjaga tubuh, cara menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit, cara menjaga tubuh agar tetap sehat, cara menjaga tubuh tetap, cara menjaga tubuh tetap bugar, cara menjaga tubuh tetap sehat, cara menjaga tubuh tetap vit, cara menjaga tubuh wanita dengan baik, cara merawat badan yang sehat dan menarik, cara merawat daya tahan tubuh, cara merawat tubuh agar sehat, cara merawat tubuh agar tetap sehat, cara merawat tubuh agar tetap sehat dan bugar, cara perawatan tubuh agar tetap sehat, cara sehat menjaga tubuh agar sehat, daya tahan fisik, Daya Tahan Tubuh, daya tahan tubuh anak, daya tahan tubuh wanita, gizi yang baik untuk tubuh, ikan, info tips kesehatan saat ini, Informasi Kesehatan, kategori tubuh sehat, Kesehatan, kesehatan menjaga badan wanita, kesehatan stamina tubuh, kesehatan tubuh wanita, kiat bugar wanita, makalah daya tahan, makalah tentang kesehatan tubuh, makanan agar tubuh bugar dan gemuk, makanan menjaga daya tahan tubuh, makanan menjaga stamina tubuh, makanan sehat yang bisa menjaga daya tahan tubuh anak, makanan untuk menjaga daya tahan tubuh, makanan untuk menjaga kesehatan tubuh, makanan yang membuat tubuh sehat, makanan yang menjaga stamina tubuh, membuat stamina tahan, membuat tubuh bugar, membuat tubuh tenang, memelihara tubuh, menjaga agar sehat, menjaga agar tetap sehat, menjaga agar tubuh tetap sehat, menjaga agar tubuh tetap vitl, menjaga badan tetap bugar, menjaga badan tetap sehat, Menjaga Daya Tahan Tubuh, menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat, menjaga daya tahan tubuh anak, menjaga fisik, menjaga fisik tetap sehat, menjaga kehamilan agar sehat, menjaga kehamilan agar tetap sehat, menjaga kehamilan muda, menjaga kesehatan hamil muda, menjaga kesehatan tetap vit, menjaga kesehatan tubuh, menjaga kesehatan tubuh saat hamil, menjaga kesehatan tubuh wanita, menjaga kesehatan yg prima, menjaga stamina agar tetap bugar, menjaga stamina badan, menjaga stamina badan tetap sehat, menjaga stamina tubuh, menjaga stamina tubuh tetap vit, menjaga tubuh agar selalu sehat, menjaga tubuh agar tetap bugar, menjaga tubuh agar tetap sehat, menjaga tubuh dari penyakit, menjaga tubuh sehat, menjaga tubuh tetap bugar, menjaga tubuh tetap prima, menjaga tubuh tetap vit, merawat diri agar terhindar dari penyakit, merawat diri saat hamil, merawat kehamilan muda, nilai gizi, perawatan badan agar badan sehat, perawatan kehamilan, perawatan kehamilan muda, perawatan sehari-hari pada ibu hamil, perawatan tubuh agar tetap bugar, perawatan tubuh sehat, ra agar tubuh tetep vit, resep agar tubuh sehat, resep badan bugar, resep menjaga kesehatan tubuh, sehat bagaimana caranya, stamina badan, stamina badan supaya baik, stamina bugar bagaimana caranya, Tetap Prima, Tetap Sehat, tieps agarn tetap bugar, tip agar bayi selalu sehat, tip agar terhindar dari berbagai penyakit, tip agar tetap bugar, tip ibu hamil agar sehat, tip menjaga badan supaya sehat, tip menjaga kehamilan, tip menjaga stamina tetap prima, tip selau sehat dan bugar, tip-tip menjaga kehamilan, tips agar badan bugar, tips agar badan selalu bugar, tips agar badan selalu sehat, tips agar selalu sehat, tips agar terhindar dari penyakit, tips agar tetap bugar, tips badan bugar, tips badan selalu bugar, tips badan selalu sehat, tips badan tetap bugar, tips badan tetap sehat, tips badan tetap sehat dan bugar, Tips Bugar, tips cara menjaga stamina dalam berolaraga, tips daya tahan tubuh, tips kesehatan daya tahan tubuh, tips kesehatan tubuh, tips menjaga agar badan selalu vit, tips menjaga daya tahan tubuh, tips menjaga daya tahan tubuh agar tetap bugar, tips menjaga daya tahan tubuh dari penyakit, tips menjaga daya tahan tubuh tetap prima, tips menjaga daya tahantubuh, tips menjaga fisik, tips menjaga kehamilan, tips menjaga kehamilan muda, tips menjaga keseatan tubuh kita, tips menjaga kesehatan, tips menjaga kesehatan agar tetap sehat, tips menjaga kesehatan dan stamina tubuh, tips menjaga kesehatan tubuh, tips menjaga kesehatan wanita, tips menjaga stamina, tips menjaga stamina badan, tips menjaga stamina tetap bugar, tips menjaga stamina tubuh, tips menjaga tubuh, tips menjaga tubuh agar selalu sehat, tips menjaga tubuh agar tetap sehat, tips menjaga tubuh agar tetep sehat, tips menjaga tubuh sehat, tips menjaga tubuh tetap bugar, tips menjaga tubuh tetap prima, tips menjaga tubuh tetap vit, tips menjaga wanita hamil, tips merawat kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit apapun, tips merawat tubuh sehat, tips prima, Tips Sehat, tips selalu sehat, tips stamina tahan, tips supaya badan tetap vit, tips terhindar dari penyakit, tips tips menjaga kehamilan, tips tips merawat tubuh agar tetap sehat, tips tubuh tetap vit, tips untuk daya tahan tubuh, tips untuk menjaga badan kita, tips vitamin untuk tubuh, tips-tips menjaga kesehatan, tips-tips menjaga tubuh, tubuh selalu sehat, upaya - upaya agar tubuh sehat, upaya agar badan tetep sehat, upaya agar tubuh bugar, upaya agar tubuh kita sehat, upaya agar tubuh kita tetap sehat, upaya agar tubuh sehat, upaya agar tubuh tetap bugar, upaya agar tubuh tetap sehat, upaya agar tubuh tetep sehat, upaya apa saja agar tubuh tetap sehat, upaya apa saja untuk menjaga kesehatan, upaya apa saja yang harus dilakukan agar tubuh kita tetap sehat, upaya apa saja yang harus kita lakukan agar tubuh kita tetap sehat, upaya apa saja yg harus kita lakukan agar tubuh kita tetap sehat, upaya kesehatan tubuh dan anak, upaya menjaga kesehatan, upaya menjaga tubuh sehat, upaya tubuh sehat, upaya tubuh tetap sehat, upaya upaya agar tubuh tetap sehat, upaya yang dilakukan agar tubuh tetap sehat, upaya yang kita lakukan agar hidup kita sehat, upaya yang kita lakukan agar tubuh kita tetap sehat, usaha agar tubuh kita tetap sehat, usaha untuk memelihara tubuh, usaha-usaha agar tubuh tetap sehat dan bugar, vitami yang bagus untuk menjaga kesehatan, vitamin apa untuk stamina tubuh, vitamin daya tahan tubuh, vitamin daya tahan tubuh anak, vitamin menjaga stamina, vitamin untuk daya tahan anak, vitamin untuk daya tahan tubuh, vitamin untuk daya tahan tubuh anak, vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, vitamin untuk menjaga stamina, vitamin untuk stamina tubuh, vitamin utk stamina sehari hari, vitamin yang baik untuk daya tahan tubuh, vitamin yang baik untuk menjaga stamina tubuh, vitamin yang baik untuk tubuh, vitamin yg baik utk daya tahan tubuh, wanita hamil tetap sehat dan bugar
Read more: http://informasitips.com/tips-menjaga-daya-tahan-tubuh-tetap-prima#ixzz16HNT1nvj http://informasitips.com